span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Triawan Munaf: Kreativitas Menjadikannya Ketua BEKRAF
Oleh : Halimah Nusyirwan
13 Juli 2018

Highlight

Jadilah Pencipta yang Orisinal.

Triawan Munaf, musisi yang saat ini berkarier di dunia politik.
Triawan Munaf, musisi yang saat ini berkarier di dunia politik.
Sumber: beritacenter.com

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) ini adalah sosok yang berjasa dan berpengaruh dalam perkembangan industri kreatif Indonesia. Beliau diangkat oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015 dan menjadi ketua BEKRAF yang pertama. Perjalanan kariernya dari awal hingga saat ini menjabat tentunya menyimpan cerita tersendiri dibalik perjuangannya tersebut. Ia juga dikenal dengan karya-karyanya di berbagai bidang. Seperti apakah kisah seorang Triawan Munaf? Simak kisahnya bersama Kinibisa!



"Jangan takut keluar dari comfort zone. Beranikan diri karena dalam hidup akan bertemu hal baru dan bisa belajar."

Berawal dari Musik hingga Menggeluti Dunia Iklan
 

Triawan Munaf dan keluarganya.
Triawan Munaf dan keluarganya.
Sumber: beritasatu.com

Pria kelahiran Bandung, 28 November 1958 ini dikenal dengan jabatannya sebagai ketua BEKRAF Indonesia periode 2015-2019. Perjalanannya menuju kesuksesan tentu menyimpan kisah-kisah yang menarik. Triawan Munaf adalah sosok yang berbakat di bidang kreatif. Saat masih muda dulu, ia dikenal sebagai personil band progressive rock asal Bandung yang bernama Giant Step yang merupakan salah satu band bersejarah Indonesia.

Di dalam band yang beranggotakan musisi-musisi terkenal tersebut, Triawan berperan sebagai keyboardist dan vokalis. Ia juga pernah membuat lagu berjudul ‘Geregetan’ untuk band-nya tersebut dan diaransemen ulang oleh anaknya, Sherina Munaf, yang sempat menjadi hits pada tahun 2010.

Kariernya di bidang music tidak berhenti sampai di sana. Pada tahun 2005, Triawan membangun sebuah portal music bersama rekan-rekan musisinya seperti Anang Hermansyah dan Indra Lesmana yang dinamai sebagai IM:port (Independent Music Portal).

Portal ini dibangun dengan tujuan untuk mewadahi karya cipta musisi-musisi Indonesia dari seluruh genre dan status. Triawan beserta kawan-kawannya mempunyai misi untuk memperluas kapasitas industri rekaman Indonesia dan membantu para musisi Indie untuk ‘menjual’ karya-karya mereka.

Pria yang merupakan saudara dari Fariz RM ini memang sudah menggeluti dunia kreatif sejak ia kecil. Ia bercerita bahwa ia tumbuh dengan membaca komik. Ia bahkan harus menggunakan perpustakaan keliling yang lewat dekat rumahnya.

"Saya mengandalkan perpustakaan keliling yang datang setiap hari dengan sepeda. Buku yang saya pinjam harus segera dihabiskan dan dikembalikan esok hari agar tidak membayar denda," ujar Triawan dikutip dari Tribun News (11/08/2015).

Kecintaannya pada bidang kreatif membuat Triawan memutuskan untuk bergabung dengan sebuah biro iklan dan pada akhirnya di tahun 1989 ia membangun kantor periklanan miliknya sendiri yang diberi nama Euro RSCG Adwork pada tanggal 26 Desember. Kariernya di bidang periklanan meraih kesuksesan dan jasanya pun dikenal masyarakat luas. Karya ikonisnya yang paling diingat adalah logo banteng moncong putih yang menjadi simbol Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kreativitas Membawanya Pada Politik
 

Triawan Munaf saat dilantik menjadi ketua BEKRAF.
Triawan Munaf saat dilantik menjadi ketua BEKRAF.
Sumber
merdeka.com

Keterlibatannya dengan PDIP rupanya menjadi titik awal kariernya di bidang politik. Ia didaulat menjadi ketua tim kreatif dari kampanye Jokowi-JK di tahun 2015 yang sukses membantu pasangan tersebut menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Hal ini tentu membuktikan bahwa Triawan Munaf memiliki pengalaman besar dalam bidang kreatif.

Hubungan baik yang terjalin dengan Presiden Jokowi rupanya membuka jalan yang lebih besar untuk Triawan. Ia bergabung dengan tim kabinet kerja Jokowi dan ia juga dipercaya menjadi ketua BEKRAF yang ternyata Triawan dan rekan-rekannya tersebut memiliki peran besar dalam didirakannya badan tersebut untuk membangun sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Sejarah awal terbentuknya BEKRAF berawal dari beberapa orang yang memiliki ambisi untuk membangun BEKRAF yang dianggap paling tertinggal di antara sektor lainnya. Orang-orang ini terkumpul dalam sebuah tim yang bernama Rembuk Kreatif dan salah satu anggotanya tak lain adalah Triawan Munaf.

Ketika Presiden Jokowi berhasil menjabat sebagai Presiden RI pada tahun 2015, misi dan ide dari Rembuk Kreatif rupanya memiliki agenda yang serupa dengan sang Presiden. Presiden Jokowi pun tertarik dan setuju untuk membentuk tim atau badan yang akan secara khusus mengurus sektor tersebut dan akhirnya terpilihlah Triawan Munaf sebagai ketua BEKRAF yang dibentuk oleh Jokowi.

“Awalnya mau bentuk kementerian mungkin, tapi kementerian sudah 34. Tidak bisa lebih. Jadi dibentuklah sebuah badan. Waktu itu saya enggak ada. Saya dihubungi mereka, termasuk Presiden apakah saya bersedia. Akhirnya sejarah yang akan bercerita,” ujarnya diutip dari Media Indonesia (19/11/2017).

Perjuangan Triawan Munaf dan BEKRAF untuk Indonesia
 

Triawan Munaf bersama artis K-POP, Hyoyeon (SNSD).
Triawan Munaf bersama artis K-POP, Hyoyeon (SNSD).
Sumber: tstatic.net

Perjalanannya sebagai ketua BEKRAF rupanya tak semudah yang orang bayangkan. Ia mengaku tanggung jawab barunya tersebut membuatnya harus beradaptasi dengan dunia pemerintahan yang tidak ia kenal sebelumnya. Ia juga harus memikirkan bagaimana caranya untuk membangun setktor ekonomi kreatif Indonesia agar tak tertinggal dari sektor-sektor lainnya.

Usaha dan kerja keras Triawan juga tak luput dari pengorbanan yang ia lakukan. Ia harus rela kehilangan waktu tidurnya serta waktu untuk keluarga demi memajukan Indonesia yang kini kerja kerasnya tersebut sudah mulai ter bayarkan dengan kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

Sebagai ketua BEKRAF yang aktif merealisasikan misi dan visi dari BEKRAF, Triawan saat ini sedang memfokuskan pada perkembangan industri perfilman, music, dan digital Indonesia. Hal ini dikarenakan industri lainnya seperti fashion dan kuliner sudah memiliki perkembangan yang signifikan sehingga ia memiliki untuk lebih fokus pada industri yang belum terlalu berkembang.

“Ada 2 mashab dalam melihat ini. Yang satu melihat apa yang sudah besar sekarang itulah yang didorong lebih besar lagi. Seperti kuliner, fashion, kerajinan, itu kan sudah besar-besar kontribusinya kepada PDB, dan memang selalu pesat tumbuhnya tanpa ada Badan Ekonomi Kreatif pun. Tapi ada juga mashab lain yang melihat, justru biarkan mereka tumbuh dengan sendirinya, tentu dengan perhatian juga dari kami, tapi konsentrasi pada hal-hal yang masih under develope, seperti film, musik, dan digital. Kalau mereka dapat perhatian dan tumbuh semakin pesat seperti Korea, yang anggaran film Korea itu sudah sebesar anggaran belanja negara kita, film bisa menjadi lokomotif subsektor lain. Di film bisa masuk, fashion, musik, kuliner, dll.” kata Triawan dikutip dari Brava Radio (22/20/2017).

baca juga: kisah inspiratif Thomas Trikasih Lembong

Kini ia semakin sibuk membangun ekonomi kreatif Indonesia dengan menggunakan ilmu-ilmu yang ia dapat dari perjalanannya ke berbagai negara maju di dunia. Triawan kini sudah menorehkan prestasi sebagai ketua BEKRAF dan berjasa dalam pesatnya perkembangan ekonmi kreatif Indonesia. Ia bahkan berkeinginan untuk membuka jalur investasi asing guna meraih tujuanya tersebut.

“Kita (Pemerintah) berencana akan membuka jalur investasi asing seluas-luasnya untuk perfilman Indonesia. Karena di tahun 2015, penonton film nasional kita baru 16 juta penonton. Sedangkan di tahun 2017, jumlahnya meningkat bukan hanya 20 juta, tetapi menjadi 42,7 juta penonton!,” jelas Triawan dikutip dari UMN (28/03/2018).


Kisah seorang Triawan Munaf membuktikan bahwa ia merupakan sosok yang kreatif. Pengalamannya di dunia kreatif berhasil mengahantarkannya pada kesempatan yang lebih besar, yatu sebagai ketua BEKRAF dan hal ini tentu menjadi kesempatan yang besar untuknya dalam mewujudkan impiannya yang ingin membuat Indonesia bias bersaing di pasar internasional. Sosok Triawan dapat menginspirasi generasi muda untuk terus berkarya dan berkreativitas sebab kreativitas adalah salah satu kunci menuju kesuksesan. Simak kisah tokoh inspiratif lainnya di Kinibisa!