span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Raffi Ahmad: Artis Ibukota Multitalenta
Oleh : Ardito Ramadhan
08 Mei 2018

Highlight

Banyak yang bilang artis itu masa depannya pendek, bisa gue iya-in tapi bisa gue patahin juga. Tapi karena segala sesuatunya kan tergantung kitanya juga.

raffi ahmad
Raffi Ahmad adalah seorang presenter ternama asal Indonesia. Selain presenter, Raffi juga dikenal sebagai seorang aktor, penyanyi, hingga pengusaha.
Sumber: wp.com

Meniti karier sejak berusia belasa tahun, kini Raffi Ahmad tercatat sebagai salah satu presenter termahal di Indonesia. Tak hanya piawai membawakan program televisi, Raffi juga mampu cakap dalam bernyanyi dan beradu peran. Dunia bisnis mulai ia geluti demi memenuhi tekadnya untuk dapat pensiun dalam usia 35 tahun. Mari simak kisah Raffi Ahmad yang inspiratif bersama Kinibisa!



"Aku pengennya bisnis sekarang lagi dipupuk, jadi ku kencengin itu dulu. Karena aku sih pengennya di usia 35 bisa santai-santai aja entar kan anak udah gede nih ya mudah-mudahan juga punya anak lagi, jadi bisa kumpul keluarga."

Mulai Berakting Sejak Usia Belasan Tahun
 

Raffi Ahmad lahir dengan nama lengkap Raffi Farid Ahmad pada 17 Februari 1987 di Bandung, Jawa Barat. Ia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Kedua orangtua Raffi bernama Munawar Ahmad dan Amy Qonita. Bakat Raffi untuk menjadi entertainer agaknya sudah muncul sejak ia kecil. Raffi kecil dikenal sangat lucu.

Agus, salah satu orang kepercayaan Raffi, menyebut Raffi sebagai sosok yang lucu. Ia bercerita Raffi pernah kehilangan sepeda motornya saat ia masih duduk di bangku SMA. Bukannya panik karena sepeda motornya hilang, Raffi justru santai-santai saja. “Dia santai orangnya, dulu sepeda motornya hilang pas ditanya, dia cuma jawab motornya hilang karena pada saat parkir kunci motornya ditinggal,” kata Agus kepada Merdeka[1]

berfoto dengan kedua adiknya
Raffi berfoto dengan kedua adiknya.

Sumber: pulsk.com

Sifat lucu yang dimiliki Raffi agaknya membuat ia tertarik untuk terjun ke dunia entertainment. Dalam usia yang terbilang belia, 15 tahun, Raffi sudah memulai karirnya di dunia hiburan dengan menjadi seorang pemeran pendukung di sebuah sinetron berjudul Tunjuk Satu Bintang yang ditayangkan SCTV pada 2002.

Sebelumnya, Raffi pun sempat menjadi model untuk beberapa majalah. Penampilan Raffi dalam sinetron Tunjuk Satu Bintang sepertinya membuat produser sinetron lainnya kepincut. Nama Raffi pun melejit ketika ia membintangi sinetron lain yang berjudul Senandung Masa Puber. Dalam sinetron yang ditayangkan di Trans TV itu, Raffi memerankan tokoh utama dan beradu peran dengan Bunga Citra Lestari.

baca juga: kisah inspiratif Pandji Pragiwaksono

Setelah membintangi Senandung Masa Puber, Raffi pun semakin sering membintangi berbagai judul sinetron dan FTV. Pada 2004, Raffi pun menjalani debutnya sebagai aktor layar lebar dengan membintangi film horror berjudul Ada Hantu di Sekolah. Setelah itu, ia pun mulai dikenal sebagai aktor layar lebar.

Film Love is Cinta yang dirilis pada 2007 agaknya menjadi film di mana kemampuan akting Raffi semakin diakui. Akting Raffi dalam film yang juga dibintangi oleh Acha Septriasa dan Irwansyah itu dipuji oleh kritikus film. Tak heran, Raffi pun semakin sering muncul di layar lebar. Saat artikel ini ditulis, Raffi setidaknya telah membintangi 17 judul film, antara lain:

  • Ada Hantu di Sekolah (2004)
  • Me vs High Heels (2005)
  • Bukan Bintang Biasa (2007)
  • Liar (2008)
  • Asoy Geboy (2008)
  • Olga & Billy Lost in Singapore (2014)
  • Mencari Dory (2016)
  • Rafathar (2017)
Penyanyi dan Presenter
 

Selain menjadi seorang aktor, sosok Raffi Ahmad juga pernah dikenal sebagai seorang penyanyi. Keterlibatan Raffi dalam dunia musik tidak terlepas dari munculnya grup Bukan Bintang Biasa (BBB) yang dibentuk musisi senior, Melly Goeslaw, pada 2006 silam. Ya, bersama Dimas Beck, Chelsea Olivia, Laudya Chintya Bella, dan Ayushita, Raffi tercatat sebagai anggota grup yang dibentuk untuk mendampingi Melly menyanyikan lagu berjudul Let’s Dance Together.

personel BBB
Raffi bersama keempat personel Bukan Bintang Biasa lainnya, yaitu Dimas Beck, Chelsea Olivia, Laudya Chintya Bella, dan Ayushita.
Sumber: static6.com

Penggunaan nama Bukan Bintang Biasa sebagai nama grup musik tersebut tentu bukan tanpa alasan. Seperti Raffi, keempat personil lainnya juga tercatat sebagai aktor dan aktris. Oleh sebab itu, mereka disebut Bukan Bintang Biasa karena tidak hanya pandai akting tapi juga dapat bernyanyi.

Tak hanya mendampingi Melly, BBB juga menelurkan album sendiri yang diberi tajuk Bukan Bintang Biasa pada 2007. Dalam album tersebut, Raffi menyanyikan beberapa lagu antara lain Putus Nyambung, Jodoh di Tangan Tuhan, dan Jangan Bilang Tidak.

Meski personil-personilnya berasal dari kalangan aktor dan aktris, album BBB rupanya disukai para penggemar dan cukup sukses di pasaran. Hal ini menunjukkan bahwa Raffi dkk tidak mau menjadi grup musik yang hanya numpang lewat. Pada tahun yang sama, BBB juga mempunyai film sendiri dengan judul Bukan Bintang Biasa The Movie.

Setelah sukses menekuni dunia musik dan seni peran, Raffi mencoba berkecimpung di dunia pertelvisian. Alih-alih kembali menjadi aktor FTV dan sinetron, Raffi kini menjadi presenter sebuah acara musik bernama Dahsyat yang tayang di RCTI. Bersama artis multitalenta lainnya, Luna Maya dan Olga Syahputra, Raffi sukses membawa Dahsyat menjadi salah satu program televisi paling populer pada akhir 2000-an.

dahsyat
Karier Raffi sebagai presenter meroket ketika ia membawakan program Dahsyat yang tayang di RCTI bersama Luna Maya dan Olga Syahputra.
Sumber: tstatic.net

Selain Dahsyat, Raffi juga membintangi beberapa program variety show seperti Pesbukers, Opera van Java, dan Extravaganza ABG. Tiap bulan suci Ramadan tiba, Raffi juga tidak pernah absen membintangi program-program khusus di jam sahur dan buka puasa. Beberapa program seperti Yuk Kita Sahur, Ngabuburit, dan Sahur Semua Sahuuur pernah dibintanginya.

Berkat pengalamannya mengisi berbagai program televisi tersebut, tak heran bila Raffi disebut sebagai presenter termahas se-Indonesia. Sebuah artikel Tribunnews[2] menyatakan Raffi dibayar 50 juta Rupiah tiap tampil di televisi. Artinya, bila dalam sehari ia dapat tampil empat kali di televisi maka penghasilan hariannya adalah 200 juta Rupiah. Penghasilannya itu pun masih di luar pendapatan dari iklan dan sebagainya.

Meski begitu, Raffi rupanya juga dikenal sebagai sosok yang bersahaja. Ia disebut tak segan untuk berbagi dengan tukang bangunan, asisten rumah tangga, dan satpam di rumahnya. “Biasanya suka ngajak main catur sama tukang bangunan, bahkan satpam komplek juga. Sering kalau minta apa-apa dibeliin termasuk juga handphone,” kata Agus.

Raffi dan Kontroversinya
 

perempuan yang dekat raffi
Raffi dan beberapa perempuan yang disebut pernah menjalin hubungan dengannya.
Sumber: tstatic.net

Di balik kesuksesan yang dimilikinya, Raffi Ahmad tentu tak bisa lepas dari segala kontroversi. Salah satu cap negatif yang dimilikinya adalah kebiasaan Raffi yang sering gonta-ganti pasangan. Raffi tercatat pernah menjalani asmara dengan beberapa artis antara lain Laudya Chintya Bella, Tyas Mirasih, Velove Vexia, dan Yuni Shara.

Namun, label playboy yang melekat padanya sudah berakhir saat ia menikahi Nagita Slavina pada Oktober 2014. Pernikahan keduanya disebut-sebut sebagai salah satu pernikahan termewah di Indonesia dan mampu menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, pernikahan keduanya digelar di tiga kota besar yaitu Jakarta, Bali, dan Bandung.Saking hebohnya, beberapa televisi nasional juga meliput dan menyiarkan langsung pernikahan Raffi-Nagita.

Kontroversi lain yang dimiliki Raffi adalah ketika ia ditangkap oleh petugas Badan Narkotika Nasional pada Januari 2013. Selain Raffi, ada beberapa artis lainnya yang tertangkap saat itu, antara lain Wanda Hamidah, Irwansyah, dan Zaskia Adya Mecca. Raffi dkk ditangkap karena dugaan mengonsumsi narkoba.

Raffi pun sempat ditahan di Kantor BNN, Jakarta Timur, dan sempat mengikuti rehabilitasi di daerah Lido, Sukabumi, Jawa Barat. Namun, Raffi sepertinya tidak terbukti mengonsumsi barang haram tersebut. Sebab,ia akhirnya dibebaskan pada April 2013. Kasus tersebut pun berakhir setelah obat-obatan yang dikonsumsi oleh Raffi rupanya tak termasuk dalam golongan narkoba.

Artis yang Doyan Bisnis
 

RA jeans
RA Jeans, salah satu lini bisnis yang dimiliki Raffi Ahmad.
Sumber: brilio.net

Meski telah membintangi berbagai film dan acara televisi serta berstatus sebagai salah satu artis termahal di Indonesia, Raffi agaknya masih ingin bekerja lebih keras. Motivasi Raffi untuk bekerja keras adalah keinginannya untuk dapat pensiun di usianya yang ke-35 tahun. Untuk itu, ia pun membangun beberapa bisnis sebagai salah satu sumber penghasilannya.

Selain itu, tekad Raffi untuk berbisnis juga dipengaruhi oleh adanya anggapan bahwa usia karier seorang artis terbilang pendek. “Banyak yang bilang artis itu masa depannya pendek, bisa gue iya-in tapi bisa gue patahin juga. Tapi karena segala sesuatunya kan tergantung kitanya juga,” kata Raffi dikutip dari Liputan 6.[3]

Petualangan bisnis Raffi dimulai pada 2007. Sebagai pemula, Raffi mengaku bisnis yang dijalaninya saat itu masih jauh dari harapan. “Waktu mulai bisnis, dari tahun 2007 sampai 2011 itu enggak ada yang jalan karena itu masih belajar. Bisa setahun untung, tahun depan bangkrut. Ada yang sebulan langsung bangkrut. Ada yang tiga bulan untung, tiga bulan bangkrut. Manage-nya itu yang enggak gampang,” kata Raffi kepada Kumparan.[4]

Raffi tercatat mempunyai beberapa bisnis yang bergerak dalam bidang pakaian, makanan, masker, hinga furniture. Meski begitu, Raffi mengaku enggan bila ia disebut sebagai seorang pebisnis. “Belom, lah. Masih jauh. Ini masih belajar. Karena kalau bisnis sudah sukses itu, sudah (berjalan) 10 sampai 20 tahun,” katanya.

baca juga: kisah inspiratif Raditya Dika

Di luar itu, Raffi ingin segala produk bisnisnya sukses agar ia dapat menghabiskan waktu hidupnya untuk  keluarga dan anak-anaknya, tanpa memikirkan kesibukannya sebagai selebriti. “Aku pengennya bisnis sekarang lagi dipupuk, jadi ku kencengin itu dulu. Karena aku sih pengennya di usia 35 bisa santai-santai aja entar kan anak udah gede nih ya mudah-mudahan juga punya anak lagi, jadi bisa kumpul keluarga,” kata Raffi.

Kisah Raffi di atas bisa menjadi motivasi bagi kita untuk menekuni bakat yang kita miliki sejak kecil. Raffi juga menunjukkan bahwa apapun pekerjaannya, kita mesti ingat bahwa pekerjaan itu tidak selalu kita miliki. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk memulai bisnis. Ingin mengetahui kisah-kisah inspiratif lainnya? Mari bergabung dengan Kinibisa untuk mewujudkan #GenerasiKompeten!


[1] https://www.merdeka.com/peristiwa/cerita-raffi-ahmad-diomeli-ibunya-karena-malas-mandi.html
[2] http://makassar.tribunnews.com/2016/04/09/wow-ini-penghasilan-raffi-ahmad-setiap-hari-bikin-melongo
[3] http://showbiz.liputan6.com/read/2512002/pensiun-di-usia-35-tahun-jadi-target-utama-raffi-ahmad
[4] https://kumparan.com/caroline-pramantie/bisnis-raffi-ahmad-yang-tidak-selalu-berjalan-lancar